Di dunia yang didukung oleh teknologi digital, pelatihan online telah mendapatkan popularitas luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Dalam Survei Sentimen Konsumen Global 2021, lebih dari 2.100 orang dewasa di seluruh dunia yang berencana untuk melanjutkan pendidikan mereka di tahun depan, 78% responden mengatakan mereka yakin adopsi pelatihan online akan meningkat dalam waktu dekat.

Mengingat kebutuhan yang lebih besar untuk komunikasi virtual di tengah pandemi yang sedang berlangsung, bersama dengan penekanan baru di seluruh industri pada peningkatan keterampilan, dapat dikatakan bahwa manfaat pembelajaran online dan kelas online menjadi jauh lebih jelas bagi orang dewasa yang bekerja.

Apa yang Diharapkan dalam Pelatihan Online?

Pelatihan online dapat mengambil segala macam bentuk dan ukuran. Jadi, apa yang diharapkan sangat bervariasi tergantung pada jenis kursus atau program yang Anda cari.

Jika Anda ingin mendapatkan pengetahuan dasar tentang topik tertentu, kursus online gratis mungkin adalah jawabannya. Ini lebih cenderung belajar sendiri, yang sering berarti kurang bimbingan langsung dari instruktur.

Anda dapat mempertimbangkan program online berbayar yang menawarkan kredensial jika Anda ingin membuat perubahan karir yang lebih dramatis atau maju ke peran manajerial (atau membantu anggota tim Anda pindah ke posisi internal baru atau mendapatkan keahlian baru). Kredensial ini dapat berupa sertifikat, sertifikasi profesional, atau program gelar online lengkap.

Kelas online berbayar juga bervariasi dalam struktur dan format. Beberapa mengharuskan Anda untuk menghadiri kuliah langsung pada waktu yang ditentukan. Yang lain meminta Anda menyelesaikan kursus sesuai jadwal Anda sendiri dengan tenggat waktu mingguan. Bahkan kelas yang ditetapkan sebagai “online” mungkin memiliki semacam persyaratan tatap muka, atau di kampus. Itulah mengapa penting untuk menjelajahi situs web program Anda untuk mengetahui detailnya sebelum mendaftar. Setiap program akan menawarkan pengalaman belajar yang unik.

Manfaat Pelatihan Online

  1. Fleksibilitas

Banyak orang beralih ke pembelajaran online karena fleksibilitasnya. Belajar hampir dari mana saja memungkinkan Anda atau tim Anda untuk mengejar kursus tanpa harus bolak-balik ke kampus fisik.

  1. Kemampuan untuk Memajukan Karir

Dalam survei Emeritus, peningkatan karir menjadi motivasi utama responden untuk melanjutkan pendidikan mereka. Ini juga sangat banyak terjadi dalam pelatihan online secara umum. Kemajuan karir mungkin termasuk upskilling atau reskilling, mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, atau berpindah bidang karir. Karena pembelajaran online adalah pilihan yang fleksibel, format ini menarik bagi para profesional yang bekerja.

  1. Jangkauan Pelatihan dan Program yang Lebih Luas

Salah satu keuntungan besar dari pelatihan online adalah para profesional dapat belajar dari mana saja dan menemukan program yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebaliknya, mereka yang belajar di kampus terbatas pada pilihan lokal atau harus pindah ke kota lain untuk program penuh waktu.

Pelatihan online mungkin menjadi pilihan yang tepat jika Anda memiliki motivasi diri, memiliki keterampilan manajemen waktu yang kuat, dan tidak ingin bolak-balik ke kampus. Tetapi jika Anda lebih suka bimbingan tatap muka dari seorang instruktur, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat pro dan kontra dari format pembelajaran ini.

Untuk benar-benar merasakan manfaat pelatiha online, pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas saat mendaftar. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan memilih format pembelajaran yang tepat tetapi juga kredensial dan program studi terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Team kami akan siap membantu , jika anda ada kendala silahkan hubungi kami...